Kunjungan keluarga UPIN IPIN ke Sekolahku


HORREE!! Upin dan Ipin berkunjung ke sekolahku, pasti seru banget! Akan kami sambut dengan meriah, betapa bahagianya dikunjungi upin ipin. Tapi untuk apa upin ipin berkunjung kesekolahku? Ahh… masa bodo! Yang penting sepasang anak gundul itu datang.



Eh, kok yang datang bukan upin ipin? Loh loh kok orangnya banyak? Waduh, mereka sepertinya orang penting? Wah, ternyata mereka 60 guru dan dosen yang ingin melihat pembelajaran siswa berkebutuhan khusus di SMPN 4 SDA. Walah, walah.. kirain upin ipin eh malah pak cik dan mak cik. Tak apelah saye tetap ikuk menyambut, yeee!!


60 guru dan dosen dari malaisya mengunjungi SMPN 4 SDA dengan tujuan mulia, yaitu melihat sekaligus belajar mengenai pembelajaran siswa berkebutuhan khusus yang ada di SMPN 4 SDA karena di negara mereka “siswa berkebutuhan khas” (sebutan orang malaisya) diangap siswa yang memalukan untuk bangsa dan negara sehingga banyak sekolahan negeri yang tidak menerima mereka, padahal di SMPN 4 SDA siswa berkebutuhan khusus membaur dengan semua siswa dan bapak/ibu guru seperti tiada perbedaan diantara kita, hampir di setiap kelasnya ada 1 orang siswa berkebutuhan khusus, mereka melakukan pembelajaran bersama siswa lainnya namun mereka didampingi 1 orang guru pendamping sehingga memudahkan dalam pembelajaran. Anak berkebutuhan khusus di SMPN 4 SDA beragam ada yang tuna rungu, tuna laras, tuna daksa, tuna grahita, autistis, asperger atau High-fuctioning autism, hiperaktif atau  Attention deficit disorder with hyperactive (ADHD), Lamban belajar (slow learner), dsb. Mereka ada di sekolah kami bukan untuk dihina, dicaci, dan dimaki tetapi untuk dirangku,l karena mereka di ciptakan tuhan tidak hanya dengan kekurangan namun juga dengan kelebihan yang tersembunyi.
 
Semua keluraga upin ipin tersebut, kami sambut dengan meriah seperti penyambutan spektakuler yang sering dilakukan karena kami sering kedatangan tamu dari luar kota maupun manca negara. Awal kedatangan mereka kami suguhkan lagu yel-yel penyambutan yang ditulis sendiri oleh salah satu guru kami. Setelah itu para tamu memasuki aula dan berbagai rangkaian penyambutan inti dilaksanakan, diawali dengan tari cunduk menur, setelah itu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dan Malaisya, dilanjutkan dengan sambutan bapak kepala sekolah SMPN 4 SDA dan sambutan dari perwakilan tamu malaisya, berikutnya penampilan dari siswa berkebutuhan khusus, lalu performance dari tim paskibra Taruna Garuda, lalu diakhiri dengan pembacaan doa. Setelah acara di aula selesai, para tamu berkeliling sekolah dengan tujuan utama menuju ruang assessment dimana semua anak berkebutuhan khusus di SMPN 4 SDA dibimbing setiap harinya diluar jam pelajaran. Para tamu terkagum-kagum ketika melihat siswa berkebutuhan khusus diajarkan berbagai hal dan dapat menghasilkan suatu karya seperti, batik tulis, lukisan, aksesoris dari perca kain, rangkaian bunga dari botol bekas, dsb. Mereka mengatakan bahwa, dari SMPN 4 SDA  mereka belajar menyayangi, mengerti, memahami serta peduli pada anak berkebutuhan khas.

0 Response to "Kunjungan keluarga UPIN IPIN ke Sekolahku"

Posting Komentar